Fitur Standard yang Dimilki PABX Modern Saat Ini
BEBERAPA FITUR FITUR STANDARD PABX MODERN YANG SERING DIBUTUHKAN - PABX merupakan switching equipment yang dapat menghubungkan antara dua tempat yang saling berkomunikasi dengan berbagai kemampuan (feature). Feature atau kemampuan yang terdapat pada PABX merupakan bagian layanan komunikasi yang tidak dapat terpisahkan sehingga pengguna perangkat ini diberikan kemudahan dalam berkomunikasi secara global dapat diuraikan sebagai berikut.
1. Direct Inward System Access (DISA)
Direct inward system access adalah kemampuan yang memberikan akses komunikasi bagi penelepon untuk langsung berkomunikasi dengan ekstension yang dituju tanpa melalui operator, baik berupa komunikasi suara via SLT ataupun teks/gambar via faksimile.
2. Transferring call
Transferring call adalah kemampuan untuk memindahkan atau mentransfer hubungan komunikasi (outgoing call atau incoming call) dari satu tempat ke tempat lain.
3. Call forwarding
Call forwarding adalah kemampuan untuk meneruskan panggilan, baik itu panggilan dari extension, CO online, atau transfering call, ke nomor tujuan yang telah ditentukan (tentunya setelah diprogram) baik itu nomor extension lain di dalam layanan PABX atau ke luar layanan PABX seperti ke telepon seluler dan telepon rumah (PSTN).
4. Message waiting
Massage waiting adalah kemampuan pemberian pesan menunggu kepada extension yang sibuk ketika dihubungi sehingga setelah extension tidak sibuk maka secara otomatis akan menghubungi extension yang meneleponnya.
5. Conference call
Conference call adalah kemampuan untuk melakukan komunikasi lebih dari dua tempat (tiga sampai lima tempat), sehingga pembicaraan dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu.
6. Doorphone
Doorphone adalah hubungan komunikasi antar tempat, dimana pada salah satu tempat hanya menggunakan doorphone dan tempat yang lain tetapa menggunakn pesawat telepon. Doorphone merupakan perangkat komunikasi hands free tanpa tombol dial an hanya menggunakn satu tombol, perangkat ini umumnya diletakkan pada ruangan front office atau meja kerja seorang operator telepon.
7. Door opener
Door opener adalah sebuah perangkat pembuka pintu yang dikenalikan oleh PABX melalui saluran extension. Perangkat ini dapat berfungsi apabila dihubungkan dengan sebuah PABX.
8. Station Message Detail Recording (SMDR)
Station Message Detail Recording adalah kemampuan untuk merekam seluruh aktivitas yang dilakukan oleh PABX, baik outgoing call maupun incoming call. Aktivitas yang direkam berupa data nomor telepon tujuan, asal nomor telepon (nomor extension), durasi pembicaraan, biaya pemakaian, dan lain-lain. Data tersebut dapat ditampilkan pada layar monitor sebuah PC atau dicetak menggunakn printer.
9. Caller Identification (CID)
Caller Identification adalah kemampuan untuk menampilkan untuk menampilkan identitas atatu nomor telepon pemanggil sehingga dapat diketahui dari mana telepon itu berasal, siapa yang menelepon, dan sebagainya.
10. Short Message Service (SMS)
Short Message Service adalah kemampuan untuk menerima dan mengirimkan pesan pendek dalam bentuk teks. Kemampuan ini dapat digunakan jika PABX dan pesawat telepon menyediakan fasilitas ini.
11. Account code/password/PIN (Personal Indentification Number)
Account code/password/PIN adalah kode yang digunakan untuk mengakses layanan komunikasi yang terdapat pada PABX, baik itu akses outgoing call atau programming. Caranya, setiap seseorang yang ingin mengakses layanan komunikasi/programming pada sebuah PABX harus terlebih dahulu memasukkan kode akses. Jika tidak, hal tersebut tidak dapat dilakukan, sehingga tidak semua orang mampu menggunakan CO line dan melakukan programming terhadap PABX tanpa password yang dimiliki.
12. Toll restriction
Toll restriction adalah pembagian atau pembatasan akses untuk berkomunikasi sehingga tidak semua extension pada PABX yang ada mampu melakukan SLI, interlokal, maupun menelepon ke telepon seluler.
13. Call control software
Call control software adalah sebuah alat yang digunakan untuk menetukan kemampuan sebuah PABX atau aktivitas komunikasi pada port extension.
14. Back Ground Music (BGM) atau music on hold
Back Ground Music (BGM) atau music on hold adalah kemampuan untuk menyediakan suara/musik ketika panggilan sedang berlangsung di-holding atau di-transfer. Suara ini dapat berasal dari PABX sendiri atau radio dan tape recorder.
15. Timer atau limited caller duration
Timer atau limited caller duration adalah kemampuan untuk membatasi durasi panggilan yang sedang dilakukan ketika mengakses layanan komunikasi yang disediakan oleh PABX.
Itulah sedikit diantara sekian banyak fitur standard yang mutlak dimiliki oleh sebuah perangkat PABX untuk masa sekarang.
1. Direct Inward System Access (DISA)
Direct inward system access adalah kemampuan yang memberikan akses komunikasi bagi penelepon untuk langsung berkomunikasi dengan ekstension yang dituju tanpa melalui operator, baik berupa komunikasi suara via SLT ataupun teks/gambar via faksimile.
2. Transferring call
Transferring call adalah kemampuan untuk memindahkan atau mentransfer hubungan komunikasi (outgoing call atau incoming call) dari satu tempat ke tempat lain.
3. Call forwarding
Call forwarding adalah kemampuan untuk meneruskan panggilan, baik itu panggilan dari extension, CO online, atau transfering call, ke nomor tujuan yang telah ditentukan (tentunya setelah diprogram) baik itu nomor extension lain di dalam layanan PABX atau ke luar layanan PABX seperti ke telepon seluler dan telepon rumah (PSTN).
4. Message waiting
Massage waiting adalah kemampuan pemberian pesan menunggu kepada extension yang sibuk ketika dihubungi sehingga setelah extension tidak sibuk maka secara otomatis akan menghubungi extension yang meneleponnya.
5. Conference call
Conference call adalah kemampuan untuk melakukan komunikasi lebih dari dua tempat (tiga sampai lima tempat), sehingga pembicaraan dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu.
6. Doorphone
Doorphone adalah hubungan komunikasi antar tempat, dimana pada salah satu tempat hanya menggunakan doorphone dan tempat yang lain tetapa menggunakn pesawat telepon. Doorphone merupakan perangkat komunikasi hands free tanpa tombol dial an hanya menggunakn satu tombol, perangkat ini umumnya diletakkan pada ruangan front office atau meja kerja seorang operator telepon.
7. Door opener
Door opener adalah sebuah perangkat pembuka pintu yang dikenalikan oleh PABX melalui saluran extension. Perangkat ini dapat berfungsi apabila dihubungkan dengan sebuah PABX.
8. Station Message Detail Recording (SMDR)
Station Message Detail Recording adalah kemampuan untuk merekam seluruh aktivitas yang dilakukan oleh PABX, baik outgoing call maupun incoming call. Aktivitas yang direkam berupa data nomor telepon tujuan, asal nomor telepon (nomor extension), durasi pembicaraan, biaya pemakaian, dan lain-lain. Data tersebut dapat ditampilkan pada layar monitor sebuah PC atau dicetak menggunakn printer.
9. Caller Identification (CID)
Caller Identification adalah kemampuan untuk menampilkan untuk menampilkan identitas atatu nomor telepon pemanggil sehingga dapat diketahui dari mana telepon itu berasal, siapa yang menelepon, dan sebagainya.
10. Short Message Service (SMS)
Short Message Service adalah kemampuan untuk menerima dan mengirimkan pesan pendek dalam bentuk teks. Kemampuan ini dapat digunakan jika PABX dan pesawat telepon menyediakan fasilitas ini.
11. Account code/password/PIN (Personal Indentification Number)
Account code/password/PIN adalah kode yang digunakan untuk mengakses layanan komunikasi yang terdapat pada PABX, baik itu akses outgoing call atau programming. Caranya, setiap seseorang yang ingin mengakses layanan komunikasi/programming pada sebuah PABX harus terlebih dahulu memasukkan kode akses. Jika tidak, hal tersebut tidak dapat dilakukan, sehingga tidak semua orang mampu menggunakan CO line dan melakukan programming terhadap PABX tanpa password yang dimiliki.
12. Toll restriction
Toll restriction adalah pembagian atau pembatasan akses untuk berkomunikasi sehingga tidak semua extension pada PABX yang ada mampu melakukan SLI, interlokal, maupun menelepon ke telepon seluler.
13. Call control software
Call control software adalah sebuah alat yang digunakan untuk menetukan kemampuan sebuah PABX atau aktivitas komunikasi pada port extension.
14. Back Ground Music (BGM) atau music on hold
Back Ground Music (BGM) atau music on hold adalah kemampuan untuk menyediakan suara/musik ketika panggilan sedang berlangsung di-holding atau di-transfer. Suara ini dapat berasal dari PABX sendiri atau radio dan tape recorder.
15. Timer atau limited caller duration
Timer atau limited caller duration adalah kemampuan untuk membatasi durasi panggilan yang sedang dilakukan ketika mengakses layanan komunikasi yang disediakan oleh PABX.
Itulah sedikit diantara sekian banyak fitur standard yang mutlak dimiliki oleh sebuah perangkat PABX untuk masa sekarang.
Semoga artikel Fitur Standard yang Dimilki PABX Modern Saat Ini bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Fitur Standard yang Dimilki PABX Modern Saat Ini ini, like dan bagikan ketemanmu.